Bingung Cari Pelembap untuk Kulit Kombinasi? Sederet Moisturizer Ini Mungkin Bisa Dicoba!
Menjaga kesehatan dan kelembapan kulit adalah hal yang penting. Agar kulit senantiasa lembap, Anda bisa merawatnya dari dalam maupun dari luar. Selain mencukupi kebutuhan air dan makan-makanan yang mengandung nutrisi setiap hari, Anda juga bisa merawat kesehatan kulit dengan menggunakan pelembab atau moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit Anda, apakah kering, berminyak, atau kombinasi.
Selain kulit kering dan berminyak, ternyata banyak juga orang yang memiliki jenis kulit kombinasi. Menurut Kusumawardhani (2008), ciri-cirinya adalah daerah T (T-zone, yaitu bagian dahi, hidung, dan di bawah dagu) sangat berminyak, sedangkan daerah lain tampak kering. Kulit wajah jenis ini memang seringkali menyulitkan. Kita harus kreatif dalam menentukan mana bagian yang berminyak, dan mana yang perlu diberi moisturizer.
Masih menurut sumber yang sama, agar tidak muncul garis-garis, apapun jenis kulit Anda, sebaiknya di bagian bawah mata dan seputar mulut diberi moisturizer (pelembap). Hal yang perlu diperhatikan untuk kulit kombinasi adalah, gunakan moisturizer tipis saja di bagian yang berminyak. Pilih yang berbahan dasar oil free.
Jika saat ini Anda sedang bingung mencari pelembab apa yang bagus, Anda bisa menyimak deretan rekomendasi produk moisturizer yang dikenal bagus untuk kulit kombinasi berikut!
Nature Republic Aloe Vera Gel
Produk satu ini memang benar-benar hits di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Seperti yang Anda tahu, aloe vera atau lidah buaya memang dikenal bagus untuk kesehatan kulit. Nature Republic Aloe Vera Gel diklaim mengandung sekitar 92% aloe vera. Untuk memanfaatkannya sebagai pelembap, Anda bisa mengoleskan gel-nya sedikit saja lalu ratakan ke seluruh wajah. Tapi bagi Anda yang kulitnya sensitif juga harus berhati-hati, karena kandungan alkohol dalam produk ini cukup tinggi. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp100 ribuan saja per jar.
Neutrogena Oil-Free Moisture for Combination Skin
Neutrogena Oil-Free Moisture merupakan pelembab dengan formula ringan dan aksi ganda yang melembabkan area kering sambil mengontrol kilau berminyak, menjadikan kulit lebih lembut, lebih halus, dan hasil akhir matte alami yang tahan sepanjang hari. Pelembab seharga Rp195 ribuan ini memiliki formula non-komedogenik yang diklaim tidak akan menyumbat pori-pori, hypoallergenic, dan tak mengandung pewangi, sehingga cocok untuk kulit berminyak ke kombinasi.
NIVEA Soft
NIVEA Soft adalah krim pelembab yang intensif dan efektif untuk digunakan sehari-hari. Formulanya yang ringan dengan Vitamin E dan Jojoba Oil sangat mudah terserap dan menyegarkan. Nikmati rasa segar serta kulit lembut dan kenyal. Produk ini bisa digunakan untuk kulit badan dan wajah serta diklaim aman untuk kulit. Formulanya ringan, cepat menyerap, dan menyegarkan kulit. Harga Nivea Soft dibanderol sekitar Rp10.200 saja per jar isi 50 ml. Murah sekali bukan?
Wardah Purifying Moisturizer
Nah, jika Anda sedang mencari produk pelembap lokal yang bagus dan ramah di kantong, mungkin bisa mempertimbangkan Wardah Purifying Moisturizer. Wardah Purifying Moisturizer Gel merupakan produk pelembab bertekstur gel yang ringan dan mudah menyerap di kulit. Formulanya tidak lengket, tidak berminyak, dapat melembabkan kulit. Memiliki kandungan Ekstrak Chamomille dan Pro Vitamin B5 yang kaya akan nutrisi, dan Vitamin E sebagai antioksidan. Pelembap satu ini harganya cukup terjangkau, sekitar Rp20 ribuan saja.
Emina Moist in a Bottle Moisturizer
Emina Moist in a Bottle adalah moisturizer yang diklaim cocok untuk semua jenis kulit, tidak menimbulkan iritasi, serta watery feel sehingga terasa ringan di kulit dan tidak lengket. Pelembap yang bisa digunakan oleh remaja maupun dewasa ini harga banderolnya Rp29 ribu per botol.
Perlu Anda ingat bahwa review hasil yang dirasakan setiap orang setelah menggunakan suatu produk kemungkinan bisa berbeda-beda. Oleh sebab itu, jika Anda merasa cocok dengan satu produk, sebaiknya jangan mudah tergiur untuk berganti produk-produk lainnya yang belum tentu cocok di kulit Anda. Sebaliknya, apabila Anda merasakan tanda-tanda tidak cocok seperti kulit terasa gatal, iritasi, kemerahan, atau bahkan muncul banyak jerawat yang lebih parah dari biasanya, sebaiknya segera hentikan pemakaian produk dan berkonsultasi dengan dokter kulit.
Referensi:
Kusumawardhani, Reni. 2008. Let’s Make-Up by Wawa Sugimurwati. Hardiman I, editor. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.






Leave a comment